Uji Publik Raperda, Dewan Inginkan Masyarakat Maju dan Modern

SINTANG, RS –   Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny membuka dan menghadiri kegiatan Uji Publik terhadap 3 Raperda inisiatif DPRD Sintang di Cafetaria DPRD Sintang. Senin, (21/11/2022).

Adapun 3 Raperda yang menjadi inisiatif DPRD Sintang antara lain adalah,

  1. Pertama, Raperda tentang Penetapan Tanah Adat, Mekanisme Penerbitan Surat Pernyataan Tanah, Surat Keterangan Tanah dan Pemanfaatannya.
  2. Kedua, Raperda tentang Pengolahan Usaha Pembangunan dan Pola Kemitraan Pasma Perkebunan Sawit.
  3. Ketiga, Raperda tentang Perlindungan dan Pelestarian Adat Budaya Daerah Kabupaten Sintang.

Florensius Ronny, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa sebagai sebuah masyarakat yang terus bergerak maju, tentunya perlu menjadikan masyarakat yang modern, berkembang, dan maju di segala sektor.

“Kemajuan ini menjadi atensi kami di DPRD Sintang. Kami ingin kemajuan dan modernnya sebuah masyarakat, tanpa harus meninggalkan dan meluapkan seni, budaya, dan adat istiadat yang sudah diwariskan oleh para leluhur kita,” katanya.

“Seni, budaya, dan adat istiadat yang ditinggalkan para leluhur harus tetap kita jaga, sehingga tidak tergerus oleh kemajuan zaman saat ini,” lanjut Ronny yang menginginkan kemajuan masyarakat Sintang agar tidak melupakan seni, budaya, dan adat yang telah ada.

Maka dari itu, Florensius Ronny berharap dengan adanya kegiatan Uji Publik terhadap3 Raperda ini mendapat dukungan dari semua pihak. Agar masyarakat dapat ikut menjaga, melindungi dan melestarikan adat budaya yang ada.

“Kami di DPRD Sintang berinisiatif untuk membuat perda tentang Perlindungan dan Pelestarian Adat Budaya Daerah Kabupaten Sintang. Tujuannya untuk menjaga, melindungi dan melestarikan adat dan budaya yang ditinggalkan para leluhur kita,” ungkapnya.

“Hari ini kita melakukan uji publik terhadap raperda tersebut, kami mempersilahkan kepada peserta uji publik untuk memberikan masukan dan sara supaya raperda ini semakin baik dan berpihak kepada kepentingan masyarakat. Sekali lagi saya mau menegaskan, kita boleh maju dan modern, tetapi jangan sampai meninggalkan dan melupakan seni, adat, dan budaya daerah kita,” tegasnya.

(***)

__Posted on
November 21, 2022
__Categories
LEGISLATIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *