Pemerintah Diminta Konsisten Bangun Infrastruktur Jalan di Pedalaman Sintang

SINTANG – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mengatakan, bahwa Infrastruktur jalan, khususnya di pedalaman Bumi Senentang terbilang masih buruk. Maka dari itu, ia meminta pemerintah konsisten dalam membangunnya.

“Seiring dengan kenaikan jumlah penduduk dan tuntutan ekonomi yang terus meningkat, kondisi infrastruktur dasar di pedalaman masih sangat memprihatinkan. Tentu ini harus menjadi perhatian serius,” ujar Sudirman belum lama ini.

Ia menjelaskan, bahwa dengan kondisi jalan yang buruk dapat menyebabkan biaya logistik menjadi sangat mahal. Dengan begitu tentu dapat melemahkan ekonomi masyarakat di pedalaman.

“Makanya infrastruktur jalan di pedalaman ini harus menjadi prioritas Pemerintah daerah. Tentunya untuk mengentaskan angka garis kemiskinan di Kabupaten Sintang,” terang Politisi Partai Demokrat ini.

Apabila kata Sudirman infrastruktur tersebut sudah baik, maka berdampak luas terhadap mobilisasi masyarakat, sehingga perekonomian di daerah pun bisa membaik. Dikatakannya juga, ada beberapa hal untuk penurunan angka kemikiskanan di Kabupaten Sintang, salah satunya infrastruktur dasar tersebut.

“Penurunan angka kemiskinan akan dilakukan melalui empat hal, antara lain Peningkatan infrastruktur dasar, sanitasi, optimalisasi air bersih dan peningkatan sumber energi baru dan terbarukan,” katanya.

Infrastruktur jalan ini, terangnya akan menjadi penopang mobilisasi masyarakat di pedalaman. Seandainya buruknya infrastruktur kata Sudir akan menyumbang banyak persoalan, mulai dari sulitnya distribusi barang dan jasa hingga menyebabkan hasil pertanian dan perkebunan harganya tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan.

“Oleh sebab itu mengatasi hal ini tentu butuh dukungan semua pihak, baik pemerintah provinsi dan pusat. Maka dari itu, persoalan ini harus menjadi perhatian serius,”

“Memang dua tahun terakhir kita di landa oleh Covid-19, tapi sekarang ini kan sudah mulai pulih, oleh sebab itu infrastruktur di pedalaman jangan sampai tidak di perhatikan” pungkasnya. (*)

__Posted on
Mei 29, 2022
__Categories
LEGISLATIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *