SMKN 1 Sintang Berprestasi dengan Motor Listrik Buatan Siswa

SINTANG, RS – SMKN 1 Sintang telah mendapatkan pengakuan yang layak dari berbagai pihak setelah berhasil mencapai pencapaian luar biasa, yaitu mengubah sepeda motor Honda Beat menjadi motor listrik yang ramah lingkungan.

Salah satu bentuk penghargaan datang dari anggota DPRD Sintang, Welbertus, yang menyampaikan selamat kepada SMKN 1 Sintang atas prestasi anak-anak sekolah dalam menciptakan motor listrik yang telah diujicoba di Provinsi Kalimantan Barat.

Welbertus menyatakan, “Kami mengapresiasi kreativitas inovatif siswa kita. Sebagai wakil rakyat, kami memberikan dukungan penuh kepada mereka.” Pernyataan ini diungkapkan pada hari Minggu, tanggal 22 Oktober 2023.

Dalam komentarnya, Welbertus mengharapkan para siswa untuk terus berkembang, mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju. “Kami berharap mereka dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. Dengan cara ini, prestasi siswa Sintang akan setara dengan siswa di Jawa, meskipun kita di Sintang memiliki keterbatan dalam pengembangan diri,” tambahnya.

Di sisi lain, Guru Otomotif di SMKN 1 Sintang, Agus Parmono, menjelaskan bahwa pihaknya telah mampu mengonversi motor konvensional menjadi motor listrik. Mereka menawarkan berbagai paket harga untuk produk-produk tersebut, mulai dari paket hemat seharga Rp. 10 juta hingga maksimal Rp. 30 juta.

“Saat ini, pemerintah sedang mendorong pengembangan kendaraan ramah lingkungan, dan kami ingin ikut andil dalam upaya ini. Motor listrik ini tidak menghasilkan emisi dan tidak menghasilkan suara. Namun, jika diperlukan, kami dapat menciptakan suara buatan. Kami juga dapat menyediakan pengamanan dengan menggunakan kunci kontak pintar (finger). Kami bahkan dapat membuat versi motor listrik untuk balapan, yang dapat disesuaikan dengan pesanan,” jelas Agus Parmono.

Kepala SMKN 1 Sintang, Poeryanto, menambahkan bahwa guru pembimbing mereka, Nurdin, telah mengikuti pelatihan upskilling selama lima hari yang bertujuan untuk memahami teknologi motor listrik. “Kami sedang mempelajari motor listrik untuk pengembangan di masa depan,” tambahnya.

Peryanto juga mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat yang telah mengunjungi SMKN 1 Sintang untuk melihat hasil karya siswa. “Kami, sebagai kepala SMKN 1 Sintang, sangat bangga dengan kunjungan beliau yang memberikan perhatian langsung kepada kami,” pungkasnya.

(***)

__Posted on
Oktober 22, 2023
__Categories
SINTANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *