Tips Hindari Hoaks di Media Sosial ala Diskominfo Sintang

SINTANG, RS – Pengurus Rukun Tetangga 01 di BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial di selasar Masjid Al-Ihslah pada Sabtu, 28 Oktober 2023 sore.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Sintang yang diwakili Syukur Saleh selaku Kepala Bidang Komunikasi Publik.

Hadir pada sosialisasi tersebut Ferry Kurniadi selaku Ketua RT 01 BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang, 33 orang ibu-ibu warga RT 01 dan Maria Victoria selaku narasumber.

Syukur Saleh, Kepala Bidang Komunikasi Publik menyampaikan dalam kehidupan sehari-hari, para pengguna internet dan media sosial pasti pernah menerima informasi bohong melalui smartphone sehingga perlu cara dan tips dalam menghindari informasi bohong atau hoaks.

Caranya, pengguna internet dan media sosial hendaknya memasang alarm di dalam diri pribadi. Bahwa ketika menerima, melihat, dan membaca sebuah informasi yang kita sendiri ragu akan kebenaran fakta yang ada dalam informasi tersebut, langsung waspada dan melakukan langkah selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah langsung menghapus informasi tersebut, atau jangan dihiraukan, lewatkan saja dan jangan diteruskan. Kalau penerima informasi yang bernada provokasi dan negatif di aplikasi WhatsApp, langsung curiga dan hapus saja.

“Kalau kita memang ingin membaca dan mendalami informasi bohong ini. Boleh dicek juga alamat situs yang memuat informasi bohong itu, lihat kejelasan narasumbernya. Cek faktanya, masuk akal ndak fakta yang disajikan. Namun saran kami, dari pada menghabiskan waktu untuk mempelajari informasi bohong itu, lebih baik ketika menerima informasi yang kita ragukan kebenarannya, langsung hapus saja, atau lewatkan saja,” saran Syukur Saleh.

Saleh menyarankan agar kita sebagai pembaca lebih selektif dalam memilih berita. Terutama di musim kampanye, maka perlu menguji kebenaran berita. Saleh memberikan mengatakan dapat menguji kebenaran berita dengan mencari berita pembanding yang ada di internet.

“Apalagi Pemilu tahun 2024 akan segera memasuki musim kampanye. Biasanya banyak informasi hoaks yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kami juga menyarankan, jika ingin menguji benar tidaknya informasi yang kita terima. Sebaiknya mencari informasi dan data pembanding di internet,” saran Syukur Saleh.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

__Posted on
Oktober 28, 2023
__Categories
SINTANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *