Florensius Ronny: Perlunya Penambahan Honorer di Sintang untuk Pelayanan Masyarakat

SINTANG, RS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny, menyoroti kebutuhan yang masih tinggi akan tenaga honorer di pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Sintang. Ronny menjelaskan bahwa dalam forum honorer Sintang, ia telah menyampaikan hal ini kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Ketika kita ke Kemenpan-RB, saya jelaskan kalau kita di daerah, khususnya Kabupaten Sintang, memiliki sekitar 5 ribu honorer yang sangat diperlukan oleh pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Ronny.

Salah satu faktor yang membuat kebutuhan akan honorer tinggi di Sintang adalah letak geografisnya yang sangat luas dan penduduk yang tersebar jauh. Hal ini berbeda dengan daerah di Jawa, di mana satu kecamatan bisa melayani penduduk sekitar 400 ribu jiwa. Di Sintang, satu kabupaten memiliki luas yang sebanding dengan satu provinsi di Jawa Barat.

“Dengan luas sekitar 23 ribu meter persegi, kebutuhan pelayanan atau honorer kita menjadi tinggi untuk memberikan pelayanan yang merata di pelosok-pelosok daerah kita,” jelas Ronny.

Ronny menyatakan bahwa penjelasan tersebut disambut baik oleh Kemenpan-RB, dan hal ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam rapat di Kemenpan-RB untuk mempertimbangkan pengangkatan honorer secara menyeluruh.

“Apakah nanti dengan sistem keuangan yang ditambahkan ke daerah atau melalui PPPK dengan penyesuaian keuangan yang ada, agar bisa menampung seluruh honorer, ini masih dalam kajiannya. Jadi, kita masih menunggu regulasi lebih lanjut dari pemerintah pusat,” tambahnya.

Dengan adanya penambahan tenaga honorer, diharapkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sintang dapat terus ditingkatkan, sejalan dengan kebutuhan yang semakin meningkat.

(***)

__Posted on
Oktober 29, 2023
__Categories
SINTANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *